Header Ads

test

Konvoi Kemenangan Persija, Sejumlah Ruas Jalan Ini Akan Ditutup

Pemprov DKI Jakarta siap menyambut juara Liga 1 Indonesia, Persija bersama pendukungnya Jakmania, pada Sabtu (15/12/2018). Konvoi kemenangan Macan Kemayoran ini akan dimulai pagi ini dari Gelora Bung Karno menuju Balai Kota. 

Dishub DKI dan Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas terkait konvoi tim kebanggaan Ibu Kota tersebut. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, siap menyambut Persija dan Jakmaniadi Balai Kota dalam perayaan kemenangan juara liga I Indonesia pada Sabtu (15/12/2018) pagi. Sebelum sampai ke Balai Kota, tim dan pendukung Persija rencananya akan konvoi dari Kompleks Gelora Bung Karno dan melintasi Jalan Sudirman tepatnya dekat FX Senayan. 

Dia mengimbau para pengguna jalan agar menghindari ruas Jalan Sudirman selama konvoi berlangsung. "Mudah-mudahan siang hari bisa selesai dan kita mengharapkan kepada warga secara umum untuk ikut mengantisipasi bahwa akan ada rute yang mengalami kepadatan. Jalan Sudirman-Thamrin-Merdeka selatan itu adalah rute yang besok akan padat. Jadi bagi yang mau berkegiatan, sebaiknya di luar kegiatan karnaval," kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, pada Jumat, 14 Desember 2018 kemarin.

Anies menjelaskan, karnaval kemenangan itu dilakukan lantaran kemenangan bukan hanya dipandang sebagai kemenangan 11 orang pemain, tetapi juga seluruh tim Persija dan jutaan fans pendukungnya yang selama ini terus setia mendukung dengan pengorbanannya sendiri kemanapun persija bertanding. 

Untuk itu, kata Anies, perayaan kemenangan berbentuk karnaval itu sekaligus mengirimkan pesan kepada warga Jakarta dan masyarakat Indonesia bahwa pendukung Persija adalah pendukung yang tertib, rapi dan bahkan ketika ada insiden mreka pun ikut mmbersihkan serta memperbaikinya.

"Kami akan sediakan layar lebar dan panggung hiburan musik di halaman Balai Kota dalam penyambutan besok layaknya sebuah pesta rakyat. ini insyaallah babak baru bukan kemenangan terakhir ini prestasi harus dijaga," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjiatmoko menuturkan, kegiatan karnaval yang diselenggarakan pada Sabtu pagi ini adalah merupakan puncak kegembiraan masyarakat beserta Pemprov DKI Jakarta atas kemenangan Persija sebagai juara Liga 1 2018 dalam bentuk pawai iring-iringan kendaraan yang diikuti para pemain Persija dan trophi Piala Liga.


Kegiatan karnaval itu, dimulai dari Pintu 1 Senayan menuju Balai Kota, dengan rute/lintasan sebagai berikut, Pintu 1 Stadion GBK – Jalan Asia Afrika–Jalan Senayan-belok kiri Jalan Jenderal Sudirman–Bundaran Semanggi–Jalan Jenderal Sudirman–Bundaran HI-Jalan MH Thamrin–Bundaran Air Mancur (Patung Kuda) – belok kanan Jalan Medan Merdeka Selatan –putar balik Jalan Medan Merdeka Selatan-Balai Kota DKI.

"Pada saat kegiatan berlangsung akan dilakukan buka/tutup jalan oleh petugas Dishub dan Polda Metro Jaya Polisi di lapangan. Seperti penutupan ruas Jalan Gerbang Pemuda sisi selatan dan Jalan Asia Afrika sisi timur serta penutupan ruas jalan Medan Merdeka Selatan," ungkapnya.

Selama penutupan tersebut, Sigit, melakukan pengalihan arus lalu lintas sebagai berikut; 

Arus lalu lintas dari arah Semanggi dilarang ke kiri yang menuju Jalan Gerbang Pemuda dialihkan lurus menuju Jalan Palmerah Timur dan seterusnya; Arus lalu lintas dari arah Slipi yang akan menuju Jalan Gerbang Pemuda melalui Flyover Senayan dialihkan lurus ke Semanggi dan seterusnya; Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika sisi barat dilarang belok kanan ke Jalan Pintu 1 Senayan dialihkan lurus dan seterusnya; Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Semanggi dialihkan belok kiri menuju Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya.

Arus lalu lintas dari arah Jalan Ridwan Rais dilarang belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan lurus ke Jalan Medan Merdeka Timur dan seterusnya; Arus lalu lintas dari arah Jalan Medan Merdeka Utara dilarang belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan lurus ke Jalan Abdul Muis dan seterusnya; Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk yang menuju Monas dialihkan belok kiri menuju Jalan H.Juanda dan seterusnya; Arus lalu lintas dari arah Jalan H. Juanda dilarang belok kiri yang menuju Monas, dialihkan lurus ke Jalan Suryopranoto dan seterusnya

"Diimbau kepada pengguna jalan agar dapat menghindari ruas jalan yang menjadi rute/lintasan pawai tersebut dan menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan dan mengutamakan keselamatan di jalan," ucapnya.

Tidak ada komentar