Header Ads

test

Meski kedua kakinya di amputasi , namun proa 70 tahunan ini bisa sukses mendaki gunung


Info unik bisa mendaki gunung dan menikmati indahnya alam dari ketinggian pucak merupakan hal yang sangat menyenangkan , namun hal ini pastinya tak akan mudah di lakukan , di mana anda harus memiliki fisik dan stamina yang kuat karena nantinya mendaki gunung akan di lakukan dengan memakan waktu  hingga berjam jeam bahkan harian 

anda mungkin tak akan merasa percaya bahwa ada orang yang sudagh terbilang tua serta memiliki kekurangan fisik berupa kaki yang sudah di amputasi dapat mendaki gunung dengan sukses !.

yah hal ini lah yang di lakukan oleh pria tua bernama Xia Boyu (69)Meskipun kedua kakinya diamputasi, namun ia masih memiliki semangat yang luar biasa untuk mendaki gunung.“Mendaki Gunung Everest adalah impian saya,” katanya. Melansir scmp, setelah pendakian pada 1975 yang menimbulkan bencana, ia melakukan tiga upaya lagi, pada 2014, 2015, dan 2016.



Pada 2016 Xia sudah mendekati puncak sebelum badai salju terjadi. Namun pihak berwenang Nepal melarang orang yang diamputasi ganda, bersama dengan pendaki buta dan sendirian, untuk mendaki hingga mencapai puncak.Pihak berwenang mengatakan aturan baru itu adalah langkah keamanan. Tapi aturan ini menimbulkan protes karena menganggap mereka telah diskriminatif. Pada akhirnya, aturan itu dicabut sesuai perintah pengadilan.



Peluang ini memberi kesempatan Xia untuk sampai puncak Everest, didukung oleh tim pemandu Sherpa. Rekor tersebut membuat Xia menjadi orang kedua dengan kaki diamputasi ganda, yang pernah mencapai puncak gunung tertinggi di dunia. 

Diketahui, sebelumnya ada Mark Inglis dari Selandia Baru, menjadi orang dengan kaki amputasi ganda yang pertama mencapai puncak Everest pada 2006.

Tidak ada komentar