Header Ads

test

momiji tempura cemilan unik asal jepang yuang berbahan dasar daun


Info unik selain di kenal dengan negara yang memiliki beragam adat dan kebudayaan yang unik , Jepang juga  memiliki Cemilan yang unik  namun lezat untuk di nikmati.Salah satu yang unik dari camilan mereka yakni gorengan daun maple atau biasa disebut dengan 'momiji tempura'.

meskipun berbahan dasar daun, namun cemilan yang sudah di kenal sejak 700 tahun,  ini  memiliki rasa yang manis dan hanya bisa ditemukan di Kota Minoo, Osaka.salah satu penjualnya Setsuko Hisakuni merupakan salah seorang pengusaha momiji tempura yang sudah berjualan sejak 50 tahun lamanya membuat tempura dari daun maple. Untuk membuat camilan tersebut. 

Setsuko  mengakui begitu, ia harus pintar memilah-milih daun mana yang baik untuk dikonsumsi. Daun maple bewarna merah menurutnya tak tepat untuk dijadikan bahan dasar momiji tempura. Oleh karenanya, ia hanya memilih daun maple bewarna kuning saja sebab mereka punya bagian vena daun yang lembut.Warna daun maple kuning juga tak bisa berubah ketika melalui proses pengasinan, juga menjadi alasan lain untuk memilih jenis daun tersebut.




Setelah mengumpulkan daun maple, biasanya Hisakuni akan membungkus mereka dalam ember untuk disimpan selama satu tahun.Dalam proses memasak, Hisakuni perlu memotong bagian batang dan mencuci daun sebelum terlebih dahulu. Setelah garam pada daun dibersihkan, ia kemudian mencelupkan daun ke dalam gorengan.

Namun sebelum ia memasukan daun tersebut ke dalam gorengan, Hisakuni perlu mencampurkan daun dengan adonan tepung yang telah diberi gula dan mentega.Selain renyah, tempura daun maple tersebut juga terasa manis di lidah. Setiap momiji yang dihasilkan selalu dibuat dengan menggunakan tangan satu persatu. Tujuannya agar Hisakuni bisa memastikan semua daun yang ia gunakan berada dalam kondisi yang baik dan layak untuk dimakan.

Klik di sini untuk bergabug

Tidak ada komentar