Header Ads

test

Unik ! Masyarakat Yap dari Kepulauan Micronesian menggunakan batu sebagai alat pembayaran yang sah


Berita unik Mata uang pastinya di kenal di bergabai negara pastinya di gunakan sebagai alat pemnayan yang Sah dalam berbagai jenis pembelian maupun upah jasa . baik dalam bentuk uang logam maupun uang kertas pastinya sudah sangat di ketahui oleh berbagai masyarakat.

namun apa jadinya  di jika ada sebuah negara  yang  tidak menggunakan uang dalam bentuk logam, ataupun kertas, melainkan sebuah batu   memiki bentu seperti uang logam



Masyarakat Yap dari Kepulauan Micronesian, yang mengaku sudah melakukan hal ini sejak berabad abad yang lalu .Uniknya, batu-batu yang mereka gunakan bukan dalam bentuk kepingan kecil yang bisa digenggam. Melainkan butuh banyak orang untuk mengangkat batu tersebut. Berat batu bisa beragam, ada beberapa di antaranya memiliki berat sebanding dengan mobil. ratusan koin batu ini tersebar luas di kepulauan. Jumlahnya telah mencapai 13 ribu piringan batu.



"Ada seorang navigator yang memberi tahu anak buahnya untuk mengukir batu itu dalam bentuk ikan. Namun saat melihat ke arah bulan purnama, batu itu mengingatkannya pada warna bulan, " ujar Dr. Scott Fitzpatrick, Professor Asosiasi Antropologi di Universitas Oregon menjelaskan asal usul tentang bongkohan batu di Yep yang dijadikan sebagai mata uang.

Melihat batu itu indah dan berkilau. sang navigator kemudian menyuruh anak buahnya untuk mengukir baru ke dalam bentung seperti cakram. Setelah itu, ia juga memerintahkan anak buahnya untuk melubangi ukiran batu itu pada bagian tengah supaya mudah dibawa.

Tidak ada komentar